01/08/12

Perfilman Indonesia - Dunia

MALEM CUUUNNGGGG!!!

Kali ini gue bakal ngomongin tentang dunia perfilman tingkat dunia... Kita mulai dari perfilman Indonesia yang menurut gue 'istimewa'.

Ya, menurut gue, dunia perfilman Indonesia memang 'istimewa'. Gue gak bakal menghina perfilman Indonesia kok. Emang bener istimewa, buktinya, KCB aja sampe ke mancanegara. Perlu bukti lain? SKUT (Surat Kecil Untuk Tuhan) yang menguras airmata karena emang didasari sama kisah nyata. Dan ada beberapa film yang diangkat dari kisah nyata seperti Hantu Manggarai. Terus, film keren Laskar Pelangi yang dilanjutkan dengan Sang Pemimpi. Semua film yang gue sebut dan film yang belum kesebut itu semua menginspirasi gue buat nulis ini. Ya, salah satu impian gue sih bukan jad sutradara, tapi ya minimal sutradara dalam skala kecil kaya penulis novel gitu. Gue cuma mau memperbaiki kualitas perfilman Indonesia khususnya dibidang horor.



Gue agak aneh, mungkin kalian yang pernah nonton film horor juga merasa aneh. Mana ada seorang ibu beranak dalam kubur kalau kondisinya aja sudah tak bernyawa? Aneh bukan? Kenapa gak sekalian seorang ibu beranak dalam neraka? Eh, bukan. beranak dalam surga. Mengapa? Tahukah kalian, surga saja ada di telapak kaki ibu. Telapaknya aja udah surga, gimana yang lainnya? okeskip.

Menurut gue hal ini juga berimbas pada pesinetronan di Indonesia yang rata-rata ceritanya hanya jalan di satu alur. Entah masalah anak yang tertukar, bertukar pasangan, perselingkuhan, kejahatan rumah tangga, dan yang paling kronis adalah seorang anak yang tertukar lalu melahirkan anak yang tertukar juga. Miris..

Gue salut sama Indonesia. Di dunia pesinetronan kaya gini, remaja usia 18 tahun aja udah di kontrak kerja dengan bayaran tinggi hanya untuk memerankan peran anak yang ketuker dan ujung-ujungnya dia melahirkan..

Adalagi sekelompok girlband baru yang main dalam satu sinetron isinya ada peran antagonis dan protagonis. Dimana si cewek peran utama suka sama si A dan tiba-tiba sekarang pacaran sama B. Lalu si cewek itu punya musuh cewek C, dimana cewek C adalah mantan B yang selalu berbuat jahat dalam upaya merebut kembali si B. Lalu bagaimana dengan A? A mengejar cewek lain. A adalah anak yang tertukar dan ternyata A itu adalah anak dari seorang guru. Guru apa? mungkin guru sakau.

Beranjak ke perfilman mancanegara. Salah satu film Thailand yang gue suka. A Little Thing Called Love. ada apa dengan cerita itu? Cerita itu mengisahakan cewek buruk rupa yang menyuka seorang pangeran (kece banget). Dalam upayanya, 3 tahun ia habiskan untuk makeover drinya sampai beda 180 derajat. Awalnya si cewek itu gak tau ternyata kalau si cowok ternyata suka juga sama doi. Gue paling suka pas bagian cowoknya aja sih. Kenapa? karena dia ganteng dan mengalihkan duniaku~ hazek...

Kita ke tingkat yang paling tinggi. Film dunia. Kalau udah ngomongin film dunia, gue akan mengacungkan ribuan jempol ke film romance-action-animation-comedy nya. Sebagai contoh kita ambil film Narnia dan Harry Potter. Keduanya termasuk animasi. Mana ada singa bisa ngomong? Mana ada sapu terbang? Mana ada anak manusia deket sama singa tapi si singanya gak makan manusia? Mana ada kapal bisa tenggelam tapi penumpangya ga mati? Rahasia sutradara film sih.. Terus film Twilight. Ah, itu kang Jacob badannya bisa kotak-kotak. Beda sama badannnya adek gue yang lemer-lemer kaya lemper.

Atau film yang baru aja keluar, The Amazing Spiderman. Gue suka pas bagian si cowok spider itu main skateboard sama nyium si cewek. Napsunya kebangetan. Atau Superman Return? Keren tuh, culun tapi macho gitu.. Lalu Batman... Kenapa gak ada film cowman? atau Goatman? Atau yang ekstrim kaya Cocroach-man? kelelawar sama laba-laba itu menjijikan sekali. Kalo sapi, mereka akrab dengan petani, begitu juga kambing. Tap sayang, kalau lebaran haji kita harus merelakan sang sapi dan sang kambing di sembeleh. Kalau cocroach-man? Gue yakin, deket sama dia aja gak mau, apalagi ngebunuh... pasti bau.. mungkin cocroach-men akan bersahabat baik dengan walangsangit-man karena sama-sama bau... Tapi kalau disemprot anti-hama, mereka akan kelepek-kelepek. Jadi mungkin cocroach-man dan walangsangit-man akan bermigrasi ke kota.

Ah sudahlah, khayalan gue untuk film memang tanpa batas... Ingat, bermimpi itu boleh, asal mau nerima konsekuen yang ada dibelakangnya.. ASOYY


Salam, Calon Sutradara Film Cowman-2035.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar