09/08/16

Ways To PTN

Halo gaes.

Assalamualaikum.

Ehe.

Jadi disini gue akan menceritakan cerita gue ngelamar PTN sana sini.

Ya emang ngga penting sih tapi ya gapapa cuma cerita kok.





Bermula saat SNMPTN. Jadi jaman gue, undangan tuh dibatasin gitu. Setiap sekolah negri setau gue dapet jatah 75% dari semua muridnya. Jadi kaya kuota undangan tuh dipangkas abis. Ntah kenapa tapi biar pihak PTN dan Allah yang tau.


JAdi ceritanya itu hari senin. Gue lagi TO di tempat les. Jadi tuh kan Sabtu sebelumnya pengumuman kelulusan tapi ngga ada nilainya, jadi tuh gue baru tau nilai UN pas ditengah tengah TO. Baru deh siangnya pengumuman penerimaan mahasiswa lewat jalur undangan.

Udah jatuh tertimpa tangga. Begitu istilahnya. Udah nilai UN jelek, eh ga dapet undangan juga. Gue bukanya sama ardi, berdua, sambil nyetel mp3 surat Al-Waqiah sambil berdoa semoga kita dapet walaupun udah pesimis. Pertama, kita ngecekin anak lain dulu, anak anak yang berpotensi masuk undangan. Dan ternyata temen gue yang gue kira harusnya dapet undangan malah ga dapet. Dari situ gue makin pesimis lah gilak ga bakal masuk aja. DAN BENER. gue ngga lolos genks.

Hasrat gue buat nangis belom kekumpul, tapi pas ibu gue pulang gitu ya gue nangis sesenggukan menyadari kesalahan dan kebegoan gue selama ini. Iya lah. Belajar 3 tahun rasanya kayak cusss, nyesss.

Udah kan itu nangis nangisnya, yaudah itu udah h-3 mingguan SBM kalo ngga salah. Yaudah, jadi tuh kaya gue maksimalin belajarnya. Tapi ya namanya gue, semaksimal belajar gue juga kayaknya tuh emang banyakan mainnya. Belajar bentar, megang hpnya lama. Ya gitu. Jadi tuh SBM kaya bukan the real beban gitu (apa mungkin emang gue yang kelewat santai kali). Jadi emang abis UN gitu gue puas puasin main sana sini, nonton drama ngga berujung sampe jadi kpop.

Tapi tetep ya, sebelom SBM gue juga belajar gitu aja. Ya nggak bener-bener belajar. Buku doang gue bawa kemana mana, tapi ya bukanya ga semua. Paling gue bener bener berpegangan sama soal soal TO yang dikasih sama tempat les gue. Soalnya kata guru les gue juga, soalnya ngga akan beda jauh.

Hari berlalu, temen gue yang udah keterima ptn mungkin udah hengot sana sini kali, sedangkan gue berfikir "yah gue masih harus berjuang lagi". Dan tiba tiba ngga berasa aja itu SBM udah di depan mata. Dan karena kebetulan gue saintek, gue dapet shift pagi dan Alhamdulillah tempatnya ngga terlalu jauh dari rumah gue.

Pas kesana gue dianterin sama ayah gue dan sembari menunggu bel masuk, gue kebelet BAB. Ya. Kebiasaan aneh setiap mau ujian. Lalu, bel pun bunyi, gue masuk. Jadi jam pertama itu tes saintek dulu baru tkpa. Pas saintek gue buka, ya Allah, pengen nangis. SOALNYA SUSAH BANGET GENKSSSS. Rasanya gue ingin menjerit. Ngga deng boong, ntar gue dikeluarin lagi. Yaudah pokoknya gitu, soalnya susah. Dari 60 soal saintek keseluruhan gue ngisi kayaknya cm 12 udah gitu banyak ngarangnya. Emang ngga maksimal, dan itu gue udah puyeng ngga tau mau jawab apa soalnya kan kalo salah -1 dan benar +4 ya. JAdi yaudah lah, gue maksimalkan aja di tkpa nanti.

LAH. Pas tkpa gue buka, ini soal juga 11-12. SUSAH. ngga deng gue aja yang ngga ngerti. Tapi ya emang susah menurut gue, soalnya kalo dari TO TO les, ngga ada soal macem gini. Ya pokoknya beda dari TO. Ya udah, yang biasanya kalo les gue ngerti sampe gue bikin trik sendiri ini aja udh gabisa gue pakein trik gue. Jadi ya itu gue udah mikir, "udahlah pasrah gausah ngarepin ini"

Yaudah pulang SBM gue akhirnya maen lagi sm temen temen gue wakakak. Ternyata emang soalnya kata temen gue susah dan beda dari taun sebelumnya. Dan kisi-kisi sbm yang dikasih juga beda. Maklum sih soalnya kan emang kisi-kisi SBM tiap tahun ngga ada yang tau pasti.

Lalu setelah SBM, gue juga ikut ujian ujian mandiri salah satunya UGM dan IPB. Jadi UTUL UGM ini ujiannya H+5/6 setelah SBM dan barengan sama UI. Mungkin emang janjian. Kebetulan gue ikut ujian UGM yang di Jakarta. Dan itu lumayan jauh sih, soalnya di daerah pasar minggu. Jadi gue berangkat setengah 6 dari rumah, padahal jam segitu temen gue malah udah ready di tempat. Iya soalnya kan itu pas gue juga lagi sakit jadi agak mager gitu kan kalo bangun pagi, tapi gue kaya yauda jalanin aja dulu semoga hasilnya bagus.

Kalo untuk bentuk soal, menurut gue soal UGM ini standar. Gila gue ya sombong banget. Iyalah. Kaya soal UN gitu. maksudnya ya ngga sesusah SBM kemaren. Jadi gue ngisi ya pede banget. Soal biologi yang ingatan juga gue rasa ngga terlalu susah. Intinya, ya ga gampang dan ngga susah banget juga. Ya, kalo ini bisa lah belajar dari soal tahun sebelumnya, soalnya kisi-kisinya ngga terlalu jauh sm soal nantinya.

Udah tuh, abis UGM, dua minggu dari situ, gue mempersiapkan lagi buat ujian IPB. Karena kebanyakan tempat tes IPB itu di daerah jawa barat, makanya gue pilih yang paling deket sama Jakarta yaitu Bogor. Ya meskipun sebenernya gue udah ditawarin buat tes di Kerawang, tapi yaudah udah keburu di Bogor juga. Jadi gue akhirnya nginep di salah satu hotel di Bogor semalem.

Untuk IPB, jujur, gue ngga ada persiapan mateng banget. Ga kaya UGM atau SBM. Karena, pas gue cek blog orang tentang ujian IPB ini, ternyata ngga ada spesifikasi khusus. Jadi istilahnya lo ngga tau soal macem apa yang bakal keluar. Jadi kaya bayangan hitam di tempat gelap. Ya gue yang ngga belajar dan bermodalkan ingatan gue yang seadanya banget ga terlalu ambil pusing alias kelewat santai. Soalnya emang ata author blog itu soalnya kaya UN aja. Dan katanya soal IPB ini bahkan lebih gampang dari UN. Gue mah percaya aja dong. Yaudah akhinya gue NGGA BELAJAR. Kebangetan. Gue bawa buku berat berat tapi ngga dibaca. Tapi emang bener, jadi tuh emang soalnya gampang, ngga susah susah banget. Buktinya gue yang biasanya matematika ngisi 2 atau paling banyak 3, ini gue ngisi 9. DAN EMANG SEGAMPANG ITU. Tapi buat bio, fisika, kimia, karena gue emang lemah banget sama soal ginian, ya gue cuma jawab 5-6 soal aja. Tapi ini termasuk banyak loh mengingat pas SBM gue cm ngisi 2 atau 4 soal paling banyak.

Setelah pulang dari tes, gue beli roti unyil. Ini adalah godaan terbesar. Iyalah! Orang lagi puasa, jauh jauh nyari roti unyil. NAIK ANGKOT PULA DAN BAWA TAS SEGAMBRENG. Kaya orang pulang kampung. Tapi emang roti unyil ini mau dibawa ke kampung halaman gue karena emang pas tes IPB itu adalah h-1 gue pulang. Jadi misalkan hari ini gue tes, besoknya gue pulang kampung. Ya ini ngga penting abisz.

Jadi, gitu. Gimana hasil tesnya? HEHEHEHEHE. Nanti aja gue ceritain lagi, Soalnya ini aja kepanjangan nanti kalo kepanjangan lu pada males baca. Ya gue aja males ini bacanya kaya nulis diary. Jadi mungkin kalo ingatan gue kembali, gue akan membuat cerita ini menjadi 2 atau 3 part. Entahlah, jadi stay tuned. ASYIQUEE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar